Wednesday, August 30, 2006
Sapa bilang jadi orang baik itu gampang? Memang sih dari kecil kita dah diajarin sama papa dan mama untuk berbuat baik dengan sesama. Kayanya ga ada deh orang tua yang ngajarin anak-anak nya buat ngerampok, nyuri, berkelahi atau bahkan menyontek. Kita juga diajarin bagaimana untuk berbagi dengan orang lain, baik materi atau sekadar dukungan moral. Contoh kalo waktu kecil kita jatuh, pasti ditolongin ma orang tua, diangkat, ditanya "dimana yang sakit?" atau "lain kali hati2 ya". Ga ada deh kayanya orang tua yg bakal bilang "mampus loe, meleng sii...makanya jalan liat2!". Kalo ada yg pernah diginiin ma ortu plz bilang ke gw, unik bin ajaib hehe.

Kembali kepada gampang tidaknya menjadi orang baik. Dengan semakin tuanya dunia ini, ternyata menjadi baik itu tidak selalu gampang. Adakalanya menjadi baik itu adalah stadarisasi baru dalam menentukan setinggi mana/ seluas apa pandangan seseorang dalam hidup. Menjadi seorang yang baik tidak lagi menentukan moral seseorang atau menandakan kualitas latar belakang seseorang.

Contoh:
Ini cerita sewaktu SD, pas kebetulan pergi ke Aussie sama sodara. Ketemu ama orang ngamen di jalan, di bule ini ngamen dengan alat musik seperti gading gajah ( ga inget apa namanya..). Menurut gw "it's awsome" so gw kasih pengamen tadi duit AUS$1, yup s-a-t-u dollar Aussie dalam bentuk keping. Trus gw cerita ke sodara gw kalo gw ngasi segitu, trus dia bilang "ngapain dikasi AUS$1, dikasi 10 cent juga cukup disini" trus dia ketawa seperti ngatain "loe ga ngerti kurs ya?". Let's not talk about currency, semua itu cuma niat baik gw buat ngasi si pengamen dgn duit segitu. Gw suka musiknya dan "what the hell, he deserved it". Itu contoh sederhana bahwa niat baik itu tidak selalu tepat di mata orang lain.

Apa yang menyebabkan orang enggan untuk berniat dan berbuat baik? Semua itu disebabkan karna semakin berkembangnya ilmu tipu muslihat di antara manusia. Sodara gw tadi ga mau ngasi pengamen banyak2 karna malu diketawain orang dikirain ga ngerti currency. Orang jadi takut/malu berbuat baik karna takut dibilang bodoh/idiot/ga ngerti situasi/jarang bergaul. See why it's gettin harder to make this world become a better world?

Kira-kira seperti ini pembatasan yang mana bisa disebut baik. Gw bukan Tuhan, jadi ga ngerti mana yang disebut baik dan mana yang tidak baik. Tapi persepsi publik secara keseluruhan adalah seperti ini, terutama komunitas dengan tingkat kemapanan dan pendidikan tinggi. Mereka mau tidak mau harus lebih waspada dengan tingkat "kebaikan" yang ada di sekitar, dan bertanya-tanya dengan segala bentuk "kebaikan" yang didapat.

Paranoid terhadap kebaikan? Memang istilah yang lucu, tapi inilah bentuk modern paranoia. DImana percaya 100% itu adalah tabu dan semua hal itu patut diwaspadai. Ironis, tapi cukup masuk akal....

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Tulisan diatas di inspirasi oleh sms yang beredar tanggal 28 Agustus 2006 di sejumlah ponsel di Malaysia yang kira2 berbunyi:

Urgent! If u c a car
WFE2365 wira aero
green color pls call to
police.a 18yrs chinese
gal just kidnapped by
5 malays at parade
rooftop carpark.pls
help 2 fwd


Salah seorang blogger Malaysia dengan kritis mempertanyakan keabsahan dari sms tsb dengan analisis nya sendiri. Entah benar atau bukan, ternyata sms itu berbeda dengan kenyataannya.

Sama juga dengan email spam yang sering gw terima di email, yang menang lottery lah (kira2 seperti contohnya si farah ini..), atau ada yang mo ngasi warisan lah atau ada yang minta bantuan pake surat berantai lah. So silly and pathetic, find a better way to make fool of other people.

Karna dunia tidak akan pernah lagi bersih....

I've tried to do something good for a friend few days ago, but nothing I got other than accusation. At least I felt it like an accusation. At least I know, good intention is never enough...and I don't give a FUCK anymore...
 
posted by gerry at 2:58 AM
5 Comments:


At Thu Aug 31, 01:06:00 AM, Blogger Y7 team

Be your self
As long as qta happy, why not ?

 

At Thu Aug 31, 02:36:00 AM, Blogger farahPutri

gw juga getu ger..entah kenapa gw kok kadang2 males ngasi duit ke orang (pengamen,pengemis.dll) ikarena gw takut dikira baik dan sok pamer??


duh,dunia..

berbuat baik tuh emang susah..

 

At Thu Aug 31, 05:32:00 PM, Blogger BlurChu?

Hey, Gerry!

Thanks a lot for visiting my blog. I don't mind at all that my entry is linked to yours, as long as it's for a good reason!

Anyway, more info about the incident can be found here - http://thestar.com.my/news/story.asp?file=/2006/8/30/nation/15278335&sec=nation


BC?

 

At Sat Sep 02, 06:36:00 PM, Blogger -missPATHETIC-

haha..
emang susah ger..
kadang dibaekin orgnya ngelunjak..
ga dibaekin dibilang jutek..
ihh,,
jd bete sendiri biasanya..

 

At Sun Sep 03, 11:06:00 AM, Blogger gerry

@maiden: good point though hehe

@farah and @__trytofindnyowndestiny: kalo selalu dibawa seperti itu kalo gw pikir sih susah jg, curigaan mulu. ada ide?

@blurchu?: thanks dude...really helpful and informative, anyway the fact bout the kidnapping was totally different...amusing