Thursday, August 17, 2006
Berapa buah planet dalam tata surya kita? Kayanya ga perlu jadi astronomer deh, kalo harus jawab pertanyaan cupu kaya gini. Di semua textbook, dari SD sampai SMU *yg dasar2 aja, jgn yg scientist punya...hehe*, planet di tata surya kita berjumlah 9 buah. Apa saja itu anak2?

*dengan nada anak2 ngapal pelajaran langsung jawab*
Mercurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto.

Itulah jawabannya tentang jumlah planet di tata surya kita. Tapi setelah 24 Agustus 2006, jawabannya akan lain. Lho kok tanggal 24 Agustus 2006? Karna International Astronomer Union (IAU) mengadakan gathering ke 26 dari tanggal 14 - 25 Agutus 2006. Dalam pertemuan ini, akan ada kemungkinan bahwa planet dalam tata surya akan mengembang dari 9 planet menjadi 12 planet. Keputusan voting akan dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2006.

12 - 9 = 3, jadi ada tambahan 3 planet dalam tata surya kita. Mereka adalah Ceres, Charon dan 2003 UB313 (Xena). Jika ketiga planet ini ditambah ke dalam tata surya kita, maka susunannya akan jadi seperti ini.


Perdebatan tentang definisi planet menjadi topik utama dalam pertemuan IAU tersebut. Untuk menjadikan 3 planet ini menjadi bagian planet dari tata surya, para IAU harus menyetujui proposal baru tentang pendefinisian planet yg baru (baca disini):

“A planet is a celestial body that (a) has sufficient mass for its self-gravity to overcome rigid body forces so that it assumes a hydrostatic equilibrium (nearly round) shape, and (b) is in orbit around a star, and is neither a star nor a satellite of a planet.”
Alternatif lainnya adalah penyetujuan definisi pluton sebagai bagian dari sistem tata surya. Pluton adalah planet dengan karakteristik menyerupai pluto dan tidak sama dengan planet. Jika proposal pluton ini disetujui, maka tata surya akan memiliki 8 planet dan banyak pluton. Contoh kategori pluton adalah Pluto, Ceres, Charon, 2003 UB313(Xena), Sedna, Quaoar, etc

Artikel terkait:
 
posted by gerry at 3:26 PM
2 Comments:


At Fri Aug 18, 01:29:00 PM, Blogger RIMAniss!

wow, planet ke dua belas? apa cuma bintang? atau jangan2 bulannya pluto?

 

At Tue Aug 22, 01:21:00 AM, Anonymous Anonymous

wowww... keren euy planet namanya Xena hehehe

maonya gw sih kalo ozone layer yg bisa nambah kakakaka, tambah gosong aja nihhh *so nonsensical*