Wednesday, August 16, 2006
Apa yang membatasi kita untuk membuat sebuah weblog? Apakah itu kemampuan berkomunikasi secara tulisan? atau kualitas content? Kedua hal diatas itu bisa dikatakan relatif, dengan makin menjamurnya weblog di komunitas online dunia. Seseorang bisa dikatakan informatif, yang lain mengatakan kontroversial, ada juga yang romantis dan ada pula yang pesimis. Boleh dikatakan pembatasan content itu sudah tidak ada, semua punya caranya masing2 mendeskripsikan pandangan dan visinya (frankly or abstract). Tidak seperti koran atau majalah yang mempunyai standarisasi kualitas penulisan yang jelas, dibantu moderasi dari sang editor (kadang pemerintah jg ikutan).

Jadi apakah yang membatasi para calon blogger ini untuk menikmati blogosphere? Jawabannya adalah script, baik Java, HTML atau CSS. Banyak calon blogger yang malas buat nge-blog karna segala bahasa browser ini. Jadi ingat pertama kali nge-blog dulu, kebingungan sama yang namanya template itu. Ga pernah tau dimana meletakkan shoutbox atau bagaimana caranya meletakkan link. Terima kasih buat Lili yang pertama kali mengenalkan galaksi blogosphere ini. Dulu yang namanya blogthings belum sebanyak sekarang, tempat memburu templates cuma di blogskins.com. Sekarang sudah banyak sekali, terutama buat yang pakai service nya Blogger.com. Kebingungan akan HTML dan CSS akhirnya berkurang setelah beberapa lama, karna memaksa diri untuk mengutak-atik HTML. Jadilah sekarang ini bisa menambah-nambah sidebar sendiri, walau masih pakai template orang lain hehe kurang daya kreativitas nih.

Friendster.com adalah yang pertama kali mempermudah para blogger untuk membuat sebuah weblog. Di Friendster kita tidak perlu mengutak-atik HTML nya untuk merubah letak sidebar, main content atau footernya. Cukup dengan men-drag dan meletakkan sesuai keinginan kita di halaman preview-nya. Jadi bagi yang tidak mengerti atau tidak mau direpotkan dengan HTML, Friendster's blog adalah layanan terbaik. Kelemahan Friendster adalah tidak adanya sarana untuk mengedit tampilan yang fleksibel, jadi HTML editor tetap diperlukan bagi seorang blogger yang pesolek.

Blogger.com mengerti dengan apa yang diinginkan oleh para user dan calon usernya. Kemudahan dan fleksibilitas adalah kuncinya. 2 hari yang lalu Blogger.com meluncurkan Blogger Beta yang bisa diintegrasi dalam Google Account. Jadi para user Gmail bisa log-in dalam Blogger dengan account Gmail-nya. Kebetulan gw punya account Gmail, jadi langsung aja nyobain layanan yang masih dalam develompent stage ini (klik disini..). Di Blogger versi BETA ini, menurut Blogger Buzz kita bisa:
  • Mengkategorikan postingan (misalnya: kategori teknologi, kategori umum, dsb..seperti Wordpress.com)
  • Bisa membatasi siapa saja yang membaca blog
  • Kemudahan pengaturan tampilan, bisa hanya dengan mouse (kalau mau HTML juga bisa)
Bagi yang tertarik dengan Blogger versi BETA ini, tapi belum punya account Gmail, silakan email ke gemawan.w@gmail.com..ntar gw invite. Semoga aja dengan ini semakin banyak para blogger yang memperkaya ruang pikiran di Blogosphere ini.

I have a dream that one day this blogosphere will rise up and live out the true meaning of its creed: 'We hold these truths to be self-recognized, that all words are interpreted equal without bias. (quotation and edited from Martin Luther's King speech)

 
posted by gerry at 2:16 PM
1 Comments:


At Wed Aug 16, 10:42:00 PM, Blogger -missPATHETIC-

ngomong2 soal ngeblog..
gw ngerasa ga enjoy aja ngeblog di fs..
kyaknya ga ada privasi gt..
klo di blogger.com paling cuma dibuka2 sama pngguna blogspot/blogdrive kan? makanya gw lbih prefer buat disitu..huehehehe..
btw,salam buat tmn lo yg pake d200..ditunggu bosen pake itu.. xP