Tuesday, July 18, 2006
Bagi yang pernah berumur 5- 12 tahun alias kanak-kanak, pasti pernah main perang - perangan. Gw juga pernah jadi anak-anak (kadang aneh juga rasanya, jadi besar kaya gini..), jadi pernah juga perang - perangan. Meski sudah ga ingat maennya sama sapa aja, mungkin ma Ganda (adek), sepupu atau ma teman. Perang-perangan memang seru.

Dulu gw main perang-perangan sendirian, pakai prajurit mainan yang kecil-kecil dari plastik. Pose prajuritnya ada yang berdiri kaya orang patroli, jongkok dan ada juga yang tiarap. Cara maennya simple aja, soalnya dulu mainan gw lumayan banyak trus ditaruh dalam 1 ember. Tiap mau main perang-perangan, mainan yang banyak tadi ditebarin di lantai, trus sengaja dijadikan gunung. Ceritanya sih perangnya di gunung, ga pernah perang kota karna malas susun nya. Nah tentara-tentara yang kecil-kecil tadi dijadikan 2 kubu, masing-masing di balik "gunung". Selanjutnya? terserah gw lebih suka kubu yang mana, itu yg dimenangin (hehe jadi kangen..)

Gedean dikit kira-kira umur 9 atau 10 taon maenannya udah rada laen. Kebetulan sudah ngerti yang namanya film superhero kaya Satria Baja Hitam dan sejenisnya. Permainan perang-perangannya turun derajat jadi perang jaman kolosal abad 17 - 18. Ga pake bedil, meriam atau mobil-mobilan lagi, tapi pakai pedang, doublestick ma toya. Kayanya Satria Baja Hitam ga pernah pakai doublestick deh hehe tapi Bruce Lee ma film ShaoLin kan pake senjata kaya gituan. Pokoknya campur aduk senjatanya. Nah, pas gw umur segitu, adek juga dah mulai gede...jadi ada teman maen hehe. Kalo ditanya sapa yang menang sih tergantung skenario, kok ada skenario? iya donk, biar jalan ceritanya jelas. Biasanya sih pas pertama gw jadi jagoan, trus mampus dibunuh. Nah, Ganda (adek) yang balasin dendam [kaya skenario film India gitu...]. Kadang kalo gw ma Ganda saling musuhan di skenarionya, biasanya saudara yang paling besar yang menang (sapa ya..?). Lumayan juga, daripada lawan bayangan muluu..

Teknologi berkembang, maenan baru berdatangan. Ga ingat apa jenis mainannya, tapi maenannya ada 1 set pistol ma semacam kaca mata hitam . Di kacamata hitam itu kita bisa liat skor, dan setiap kali ketembak ma pistol lawan skornya turun dan kalo sudah jadi nol, ya kalah. Tapi tembak-tembakannya aman kok, soalnya pake sinar inframerah gitu..jadi ga nyakitin. Trus ada lagi maen game di console, dulu namanya kan ada Sega, Atari, Nintendo...relatif paling aman, meski bisa bikin mata cepat rusak. hehe kacamata yg skrg kan hasil maen Sega.

Tapi ga semua maenan anak-anak itu aman, ada juga yang berbahaya. Harusnya sih maenan ini di-ban ama KomNas Perlindungan Anak. Pernah maen pistol angin? Jangan bayangin pistol angin yang buat nembak burung, yang ini lebih kecil dan daya tembaknya lebih lemah. Dulu sering dijual di depan sekolah waktu SD di Padang dan gw sering beli. Ya, namanya juga masih SD, mana tau tentang mainan yang harmful atau ga. Yang penting maen...ehhh kiranya jatuh korban. Ceritanya, pas dulu itu "pistol angin" kata papa ga boleh ditembakin ke orang, jadi gw bikin sendiri sasarannya (bullseye). Suatu hari pas mo ditembakin, nah lo macet..peluru platiknya ga keluar. Ntah gw mikir apa waktu itu, langsung tempelin ke paha adek gw. Kirain ga ada pelurunya, ptarr...ehhh pelurunya keluar langsung ke paha adek. Yang namanya gw tempelin ke paha, sakitnya nauzubillah minzalik pastinya. Kontan aja adek gw teriak gitu, sambil megangin pahanya yang ungu ditembak sodara sendiri. Sejak itu gw ga pernah maen lagi, takut jatuh korban lagi.

Pengertian kalah/game over

Dalam perang-perangan, pasti donk ada yang kalah trus ada yang menang. Probabilitas mengatakan, kecuali memiliki keuntungan yang luar biasa besar dan semakin sedikit pihak yang terlibat maka kemungkinan menang akan semakin besar. Tapi udah sifat manusia untuk selalu ingin menang dan itu bersifat absolut. Gw kalo maen perang-perangan sama adek gw, hampir selalu ingin menang. Ga boleh kalah, soalnya........gw kan yang paling besar huahaha. Tapi kalah kan hanya sebatas skenario dan pembatasan kemampuan, setelah itu gw maen lagi ma adek dan ga mungkin marah-marah gara-gara kalah maen perang-perangan. Yang paling penting, gw ga pernah bunuh adek gw cuma buat menang perang-perangan.

Nah, perbedaan konsep perang-perangan dan perang letaknya cuma di ada tidaknya korban. AirSoft Gun adalah contoh perang-perangan yang mengikuti bentuk asli pertempuran, real tension dan juga memiliki konsep kalah yang jelas. Bedanya, AirSoft Gun tidak makan korban.

Yang justru aneh adalah konsep perang yang asli. Dua negara berseteru satu sama lain. Yang satu nembak roket, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi, satunya lagi balas, trus ngeroket, trus dibalas roket, marah-marah, balas lagi, balas, balas, marah, balas lagi.................................................

*pembaca bertanya: kok panjang sekali...udah donk, capek liat tulisan yg itu2 juga..
*gerry menjawab: That's the point, bro!!

Kapan mo selesainya perang kalau balas-balas melulu. Di console game aja ada game overnya, kok di yang asli ga ada? Lose point di perang asli ga jelas, lose point ama lose everything sudah sama aja artinya. Masa satu bangsa harus dimusnahkan semua supaya bangsa lain bisa menang? Kemaren ini gw pernah baca "Roket Israel menghantam bangunan di Beirut, 15 orang tewas, 7 diantaranya anak-anak". Padahal anak-anak itu kan ga ikutan "main perang". Mungkin anak-anak yang meninggal tersebut pada bingung,"gw kan ga ikutan...curang nih, ga bilang2". Ga aci banget sihh...

Gaya perang sekarang memang gaya perang paling pengecut yang pernah ada di muka bumi. Ga berani hadap-hadapan. Yang pernah nonton film The Patriot-nya Mel Gibson pasti tau gimana caranya orang-orang dulu kalau perang. Mereka marching ke lapangan yang luas, hadap-hadapan, saling todong face to face, trus tembaakkk!! Yang garis depan langsung berjatuhan, walau tetap ada yang mati tetapi cukup para tentara. Ga pernah wanita atau anak-anak di bawa ke medan perang. Yang kalah lari, yang menang ambil benteng lawan. Simple dan jantan.

Memang perang banyak pengaruhnya buat pertambahan populasi. Mungkin juga udah diatur kalo bencana dan penyakit ga cukup menekan ledakan penduduk dunia, jadi perang tetap harus ada. Tapi sejak kapan pembunuhan dibenarkan? Jangan bilang, karna situasi perang jadi pembunuhan dibenarkan. Kecuali untuk membela diri, membunuh sesama manusia sama saja membunuh saudara sendiri. Kok membunuh saudara sendiri? Iya, terutama bagi pemeluk agama yang "harusnya" percaya bahwa kita semua berasal dari insan yang sama, Adam dan Hawa [Adam and Eve].

Apa jalan keluarnya? Kalo ego manusia ga bisa ditahan dari kekalahan, jadi harus bikin tata cara perang yang baru. Dalam otak gw sekarang ada 2 metode perang yang bisa dipakai: Brave Method War (BOW) atau Safe Method War (SOW)

Brave Method War (BOW):
1. Kalau jalan negosiasi tidak berhasil, nyatakan perang secara terbuka (ini sudah ada dalam tatacara perang international)
2. Tentukan war zone
3. Evakuasi rakyat sipil dan siapkan medis/Red Cross
4. Tentukan kondisi kalah menang dan senjata yang dipakai
5. Pembunuhan hanya antar peserta perang(tentara)
6. Pelanggaran terhadap ketentuan akan mendapatkan sanksi PBB/dunia

BOW kurang lebih sama dengan metode perang sekarang. Tapi aplikasinya hampir mustahil, karna kesalahan perang bisa dijadikan alasan macam-macam. Ini cara perang paling jantan dan paling gampang diterima, karna yang mati ga kan bisa protes "gw blom kalah..."

Safe Method War (SOW):
1. Kalau jalan negosiasi tidak berhasil, nyatakan perang secara terbuka (ini sudah ada dalam tatacara perang international)
2. Tentukan jenis perang yang diinginkan, dari perang lumpur sampai AirSoft Gun juga boleh
3. Dilarang memakai senjata mematikan
4. Tentukan kondisi menang kalah dan senjata yang digunakan (kalo perang lumpur ga boleh pakai batu hehe)
5. Pelanggaran terhadap ketentuan akan mendapatkan sanksi PBB/dunia

SOW ini lebih aman, tapi tidak efektif lawan musuh yang berkata "Langkahi dulu mayatku..". Korban juga ga ada, apalagi korban rakyat sipil. Ini lebih cocok disebut perang-perangan, dan game overnya ga bikin mampus.

Semoga aja ada cara lain yang lebih aman buat perang. Kalo masa depan nanti orang perang pakai nuklir, kan kasian anak-anak, wanita dan orang tua. Kan mereka kan ga ikutan main.

NB: Para pemimpin negara yang berperang mungkin ga pernah tau asiknya maen perang-perangan sewaktu masih kecil. Semoga aja perang di Timur Tengah cepat berakhir...amiiinn
 
posted by gerry at 8:28 AM
1 Comments:


At Tue Jul 18, 07:41:00 PM, Blogger -missPATHETIC-

wah,,sudah balik ya?
^o^
dozo yoroshiku!
iyah ganti layout, abis blog namenya bluuw,kok warnanya item..
i think that i should be better this time.. =)
it's okay..
haha..kmaren2 kan tau sndiri..
anyway,,
soal musuh,saya lebih interest sama yg namanya MENYIKSA musuh dlm selimut..
males bgt dnger soal ini..
gmn ga perang mulu coba..hehehehe,,